Selasa, 21 Oktober 2008

Penyuluhan Infeksi Saluran Pernapasan Akut

 
ISPA [Infeksi Saluran Pernapasan Akut]. Sering disalah artikan sebagai Infeksi Saluran Pernapasan Atas. Tapi bukan kesalahan fatal jika salah pada "satu" kata saja. Kesalahan akut jika kau berpikir Instrument for Structural Policies for Pre-Accession, singkatannya ISPA juga. Tapi ia bukan penyakit, melainkan tiga instrumen keuangan dari Uni Eropa, Phare, dan SAPARD untuk membantu negara-negara kandidat dalam persiapan untuk aksesi.

Kita akan mati. Itu adalah kalimat ampuh saat penyuluhan. Bukan untuk menakuti. Kalimat penegasan kadang kala diperlukan untuk menyalurkan sebuah pemahaman.

Membuka ruang diskusi ketika tangan memegangi mikrofon,
Kembali memuntahkan kalimat-kalimat ampuh.

 "Bagaimana kalau ternyata teori-mu salah?"
Itu pertanyaan kritis wanita yang duduk di sisi kanan depan.

Apakah link ini tidak mengingatkanmu dengan kasus serangan (ISPA) di Kabupaten Subang yang menyerang 10.241 balita? Kadang kala kita perlu mengengok ke belakang, melihat kembali tangisan negeri ini dan secara diam-diam bersyukur tidak lahir pada zaman itu. Seperti halnya sejarah yang kau lihat dari arah belakang. Siapapun yang berusaha mengambil gambarmu dari belakang. Ia sedang mencoba melihatmu dari sisi lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar